Pada masa kini dan mendatang kebutuhan akan ilmu dan teknologi tidak dapat diingkari sebagai alat atau senjata untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Namun tanpa landasan nilai Islam, ilmu dan teknologi justru menjadi boomerang bagi manusia.
A. Pendahuluan
Ditengah keterpurukan kualitas dan kuantitas pendidikan di Indonesia, terutama pendidikan Islam sebagaimana diuraikan pada pendahuluan di atas, perlu upaya terus menerus dan berkelanjutan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Salah satu upaya mewujudkan idealism pendidikan tersebut ialah melalui penyelenggaraan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu.
Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Ar Rahmah menawarkan suatu model sekolah yang menerapkan pendekatan penyelanggaraan pendidikan yang memadukan pendidikan umum dan pendidikan islam mejadi satu jalinan dalam kurikulumnya. Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai Islam. Tidak ada dikotomi, tidak ada keterpisahan, tidak ada “sekulerisasi” dimana pelajaran dan semua bahasan lepas dari nilai dan ajaran Islam, ataupun “Sakralisasi” dimana Islam diajarkan terlepas dari konteks kemaslahatan kehidupan masa kini dan masa depan. Pelajaran umum dibingkai dengan pijakan, pedoman dan panduan Islam. Sedangkan pada pelajaran Agama diperkaya dengan wawasan kekinian, kamanfaatan dan kemaslahatan.
SMPIT Ar Rahmah diselenggarakan berdasarkan konsep “one for all”. Artinya, dalam satu atap sekolah, peserta didik akan mendapatkan pendidikan umum, pendidikan Islam, dan pendidikan keterampilan. Yang dimaksud pendidikan umum adalah pendidikan yang mengacu kepada kurikulum nasional yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Sedangkan yang dimaksud dengan pendidikan Islam adalah pendidikan yang menekankan pendidikan aqidah, akhlak, dan ibadah yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, menumbuhkan biah solihah di dalam lingkungan sekolah dan qudwah hasanah oleh seluruh guru dan karyawan sekolah. Adapun pendidikan keterampilan diintegrasikan dalam kegiatan kokurikuler dan dimaksimalkan dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan menyediakan beragam pilihan yang seluruhnya mengacu pada prinsip-prinsip keterampilan hidup (life skill) di masa yang akan datang.
SMPIT Ar Rahmah juga berupaya mengoptimalkan peran serta orang tua peserta didik, masyarakat dan variasi kegiatan di dalam dan di luar sekolah dalam proses pembelajaran. Orang tua peserta didik dan masyarakat dilibatkan secara aktif untuk memperkaya dan member perhatian yang memadai dalam proses pendidikanpeserta didik. Sedangkan variasi kegiatan di dalam sekolah berupa kegiatan kokurikuler, pembiasaan dan mentoring. Sedangkan kegiatan di luar sekolah dapat berupa kunjungan edukasi, pemberian proyek, observasi, dan lain-lain. Tujuan kegiatan di luar sekolah tersebut adalah untuk mendekatkan peserta didik terhadap dunia nyata yang ada di tengah masyarakat.
SMPIT Ar Rahmah berupaya membentuk manusia berkualitas seutuhnya melalui olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga. Untuk mengoptimalkan hal tersebut harus dilakukan keterpaduan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari keterpaduan ini menuntut pengembangan pendekatan proses pembelajaran yang kaya, variatif, dengan menggunakan sumber belajar yang luas, luwes dan relevan. Metode pembelajaran menekankan pendekatan yang memicu dan memacu optimalisasi pemberdayaan otak kiri dan otak kanan. Dengan pengertian ini, pembelajaran di SMPIT Ar Rahmah dilaksanakan dengan pendekatan (a) problem solving yang melatih peserta didik berfikir kritis, sistematis, logis, dan solutif; (b) berbasis kreativitas yang melatih peserta didik untuk berpikir orisinal, luwes (fleksibel), lancar dan imajinatif; dan (c) Penanaman keterampilan yang relevan dengan masa depan peserta didik yang maslahat dan bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.
Dengan demikian SMPIT Ar Rahmah adalah sekolah Islam jenjang SMP yang diselenggarakan dengan memadukan secara integratif nilai dan ajaran Islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif dan pelibatan yang optimal dan kooperatif antara guru dan orang tua, serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetensi peserta didik.
B. Visi SMPIT Ar Rahmah
Menjadi pusat pendidikan Islami terpadu yang efektif dan bermutu untuk membentuk generasi robbani yang mampu menjawab peradaban zaman 2026
C. Misi SMPIT Ar Rahmah
1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang membentuk generasi Islam yang beriman, bertakwa, bermoral, cerdas, dan kepribadian Islam secara utuh.
2. Menyelenggarakan pendidikan yang mengefektifkan penggunaan ICT dan teknologi kekinian yang relevan.
3. Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan komprehensif (terpadu) yang meliputi delapan kecerdasan (multiple intelegent).
4. Mengintensifkan bimbingan penguasaan teknologi dan life skill yang relevan dengan tuntutan masa depan.
5. Mewujudkan penyelenggaraan sekolah menengah pertama yang akseleratif.
6. Mewujudkan lembaga pendidikan menengah yang unggul secara akademis, berprestasi disemua bidang.
D. Tujuan Pendidikan SMPIT Ar Rahmah
a) Tujuan Umum Pendidikan SMPIT Ar Rahmah
Tujuan umum pendidikan sekolah Islam terpadu Ar Rahmah adalah membina peserta didik untuk menjadi insan muttaqien yang cerdas, berakhlak mulia dan memiliki keterampilan yang memberi manfaat dan maslahat bagi umat manusia, dengan rincian karakter (muwashofat) sebagai berikut.
1. Aqidah yang bersih (salimul aqidah)
Meyakini allah SWT sebagai Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala pikiran, sikap dan perilaku bid’ah,khurafat dan syirik.
2. Ibadah yang benar (shahihul ibadah)
Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi: sholat, shaum, tilawah Al Quran, dzikr dan doa sesuai dengan petunjuk Al Quran dan As Sunnah.
3. Pribadi yang matang (matinul khuluq)
Menampilkan perilaku yang santun, tertib dan disiplin, peduli terrhadap sesama dan lingkungan serta sabar, ulet dan pemberani dalam menghadapi permasalahan sehari-hari.
4. Mandiri (qadirun alal kasbi)
Mandiri dalam memenuhi segala keperluan hidupnya dan memiliki bekal yang cukup dalam pengetahuan, keccakapan dan keterampilan dalam usaha memenuhi kebutuhan nafkah.
5. Cerdas dan berpengetahuan (mutsaqaful fikri)
Memiliki kemampuan berpikir yang kritis, logis, sistematis dan kreatif yang menjadikan dirinya berpengetahuan luas dan menguasai bahan ajar dengan sebaik-baiknya, dan cermat serta cerdik dalam mengatasi segala probem yang dihadapi.
6. Sehat dan kuat (qaeiyul jismi)
Memiliki badan dan jiwa yang sehat dan bugar, stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, serta keterampilan beladiri yang cukup untuk menjaga diri dari kejahatan pihak lain.
7. Bersungguh-sungguh dan disiplin (mujahidun linafsihi)
Memiliki kesungguhan dan motivasi yang tinggi dalam memperbaiki diri dan lingkungannya yang ditunjukkan dengan etos dan kedisiplinan kerja yang baik.
8. Tertib dan cermat (munazhzham fi syu’unihi)
Tertib dalam menata segala pekerjaan, tugas, dan kewajiban; berani dalam mengambil resiko namun tetap cermat dan penuh perhitungan dalam melangkah.
9. Efisien (harisun ‘ala waqtihi)
Selalu memanfaatkan waktu dengan pekerjaan yang bermanfaat, mampu mengatur jadwal kegiatan sesuai dengan skala prioritas.
10. Bermanfaat (nafiun lighairihi)
Peduli kepada sesama dan memiliki kepekaan dan keterampilan untuk membantu orang lain yang memerlukan pertolongan.
b) Tujuan Khusus Pendidikan SMPIT Ar Rahmah
Tujuan Khusus penyelenggaraan SMPIT Ar Rahmah adalah menyelenggarakan pendidikan yang mampu memberikan bekal pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang mengantarkan peserta didik untuk mencapai kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang optimal untuk siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
Adapun perincian kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki peserta didik setelah lulus dari SMPIT Ar Rahmah sebagai berikut.
a. integritas moral/keislaman ,
b. kepedulian tinggi pada orang lain,
c. kemampuan bekerja dalam kelompok dan dapat menghargai peran serta kontribusi anggota kelompok,
d. kemampuan berinovasi dan berkreasi,
e. kemampuan sebagai landasan berfikir yang kuat dan luas,
f. percaya kepada kemampuan seseorang,
g. landasan jiwa kompetisi,
h. menghargai keindahan, dan
i. rasa memiliki Indonesia
2 komentar:
Selamat dari ukhuwah.pass.blogspot.com
Afwan alamat blog ane salah.
seharusnya ukhuwahpass.blogspot.com
Posting Komentar