Sabtu, 16 April 2011

PENDIDIKAN

POLA PENDIDIKAN SMP-IT AR RAHMAH PACITAN

SMP Islam Terpadu (SMP-IT) Ar Rahmah barupa memberikan pelayanan pendidikan maksimal secara efektif, untuk membentuk peserta didik yang Sholih, Mumpuni dan Supel. Salah satu bentuk pelayanannya adalah memfasilitasi pembelajaran dengan memanfaatkan internet. Tujuan penggunaan fasilitas ini adalah untuk lebih merangsang siswa dalam belajar, memperkaya wawasannya, dan terbiasa dalam penguasaan teknologi. Dengan fasilitas layanan yang demikian interaksi pendidik dan peserta didik tidak hanya dibatasi oleh waktu tatap muka di kelas, melainkan interkasinya dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Untuk semester pertama seluruh guru wajib menyediakan fasilitas email dan blogger untuk aktivitas pembelajaran,  tujuannya adalah aktivitas pembelajaran dapat dipantau dan memperoleh umpan balik dari para guru, yayasan, orang tua, dan pemerhati pendidikan. Dengan demikian pembelajaran kedepan semakin memuaskan para pengguna pendidikan di SMPIT.
Para peserta didik demikian pula, mulai semester harus memiliki email dan dapat membuat blogger, tujuannya adalah untuk efektivitas dan efisiensi  memantau kemajuan belajar peserta didik. Tugas-tugas dibiasakan dikirim lewat email, dan karya-karya peserta didik (fortofolio) dapat diekspresikan dan dipantau (diapresiasi) lewat blogger peserta didik masing-masing. Dengan demikian, konsekuensi pembelajaran menuntut setiap anak memiliki netbook (laptop), karena hampir keseluruhan bahan pembelajaran termasuk materi pengayaan disediakan melalui file baik on line maupun of line. Sedangkan hotspot sudah difasilitasi sekolah.
Untuk keislaman lebih menekankan pembiasaan, meliputi: menjaga wudlu selama di sekolah, sholat dhuha dan membaca Al-quran ½ juz sebelum pembelajaran dimulai, serta bersemangat untuk sholat jamaah diawal waktu. Sedangkan disiang-sore hari diintensifkan secara terprogram mentoring keislaman, pendalaman aplikasi komputer dan internet, serta tilawati dan hafalan Al Quran. Dengan pola pembiasan yang demikian diharapkan peserta didik dapat mencapi target tanpa terasa berat dan tertekan.
Berikut ini alat blogger/web para pendidik SMP-IT Ar Rahmah Pacitan
No
NAMA
MATA PELAJARAN
ALAMAT BLOG/WEB
1
Arif Kurniawan, S.Pd.
IPA (Kim & Bio)
2
Lina Ervina,M.Pd.Si
IPA (Kim & Bio)
3
Dian Adi Susana
Aplikasi Internet
4
Ana Wahyuningtyas,S.Pd
PKw
5
Siti Komariyah, S.Pd
Matematika
http://sitismpitarrahmah.blogspot.com
6
Inuk Kristin Umara, S.Pd.
Bahasa Inggris
7
Sukma Wardani, S.Pd.Si
IPA (Fis)
8
Dwi Hastuti Ratnaningrum, S.Ag.
PAI
9
Peny Estryana Dewi, S.Pd
Bahasa Jawa
10
Riva Bakhtiar Eko Widayanto, S.Pd.
IPS
11
Yahya Ali Rahmawan, S.Kom
TIK
12
Risda Puspita, S.Pd.
B. Indo

Junaidi, S.Pd.
Olah raga & kes
Wacana link yang lain dan link education

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons