Kamis, 05 Mei 2011

PENGUMUMAN PENDAFTARAN

PENGUMUMAN
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
SMP ISLAM TERPADU (SMP-IT) AR RAHMAH PACITAN
Jl. RE. Martadinata No 5B Craken Wetan, Sumberharjo Pacitan
Telp. (0357) 884932/886617 www.smpitpacitan.blogspot.com

Pendaftaran          :
Gel.1                       : (skrg – 30 April 2011)
Gel.2                       : (1 Mei – 4 Juni 2011)
Tempat Pendaftaran:         
1.       SDIT  Ar Rahmah Sirnoboyo Tlp      884932
2.       SMPIT: Jl. Martadinata 5B Sumberharjo Pacitan Tlp 886617
Biaya pendaftaran: Rp 75.000,-
Tes Masuk              : 6 Juni 2011
Pengumuman        : 9 Juni 2011
Daftar Ulang          : 9-11 Juni 2011
Biaya Pendidikan :
Pangkal                  : min Rp.500.000,-
SPP/bln                  : Rp. 275.000,- (untuk makan siang + Operasional Pendidikan)
Seragam                 : menyusul
Daya Tampung      : 2 rombel (60 siswa)
Info lebih lanjut   :
SDIT                        : 0357-886617
Arif                         : 08562929808
Lina                         : 081328871085
Tambahan             : Dalam pembelajaran setiap siswa harus membawa Laptop/netbook

Visi SMP Islam Terpadu Ar Rahmah: Menjadi pusat pendidikan Islami terpadu,  efektif dan bermutu untuk membentuk generasi robbani yang  mampu menjawab peradaban zaman 2026.
Misi SMPIT Ar Rahmah: (1) Menyelenggarakan proses pendidikan  yang membentuk generasi berkepribadian Islam secara utuh; (2) Menyelenggarakan pendidikan yang mengefektifkan penggunaan ICT dan teknologi kekinian yang relevan; (3) Mewujudkan penyelenggaraan pendidikan komprehensif (terpadu) yang meliputi delapan kecerdasan (multiple intelegent); (4) Mengintensifkan bimbingan  penguasaan teknologi  dan life skill  yang relevan dengan tuntutan masa depan; (5) Mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul secara akademis, berprestasi disemua bidang.
Tujuan Pendidikan SMPIT Ar Rahmah: SMP Islam Terpadu Ar Rahmah mencitakan siswa yang Sholih Mumpuni dan Supel”. Tujuan penyelenggaraan SMPIT Ar Rahmah adalah menyelenggarakan pendidikan yang mampu memberikan bekal pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang mengantarkan peserta didik untuk mencapai kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang optimal untuk siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, serta yang memberi manfaat dan maslahat bagi umat manusia, dengan memiliki 10 karakter (muwashofat) sebagai berikut.
1.     Aqidah yang bersih (salimul aqidah): Meyakini allah SWT sebagai Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala pikiran, sikap dan perilaku bid’ah,khurafat dan syirik.
2.     Ibadah yang benar (shahihul ibadah): Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi: sholat, shaum, tilawah Al Quran, dzikr dan doa sesuai dengan petunjuk Al Quran dan As Sunnah.
3.     Pribadi yang matang (matinul khuluq): Menampilkan perilaku yang santun, tertib dan disiplin, peduli terrhadap sesama dan lingkungan serta sabar, ulet dan pemberani dalam menghadapi permasalahan sehari-hari.
4.     Mandiri (qadirun alal kasbi): Mandiri dalam memenuhi segala keperluan hidupnya dan memiliki bekal yang cukup dalam pengetahuan, keccakapan dan keterampilan dalam usaha memenuhi kebutuhan nafkah.
5.     Cerdas dan berpengetahuan (mutsaqaful fikri): Memiliki kemampuan berpikir yang kritis, logis, sistematis dan kreatif yang menjadikan dirinya berpengetahuan luas dan menguasai bahan ajar dengan sebaik-baiknya, dan cermat serta cerdik dalam mengatasi segala probem yang dihadapi.
6.     Sehat dan kuat (qaeiyul jismi): Memiliki badan dan jiwa yang sehat dan bugar, stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, serta keterampilan beladiri yang cukup untuk menjaga diri dari kejahatan pihak lain.
7.     Bersungguh-sungguh dan disiplin (mujahidun linafsihi): Memiliki kesungguhan dan motivasi yang tinggi dalam memperbaiki diri dan lingkungannya yang ditunjukkan dengan etos dan kedisiplinan kerja yang baik.
8.     Tertib dan cermat (munazhzham fi syu’unihi): Tertib dalam menata segala pekerjaan, tugas, dan kewajiban; berani dalam mengambil resiko namun tetap cermat dan penuh perhitungan dalam melangkah.
9.     Efisien (harisun ‘ala waqtihi): Selalu memanfaatkan waktu dengan pekerjaan yang bermanfaat, mampu mengatur jadwal kegiatan sesuai dengan skala prioritas.
10. Bermanfaat (nafiun lighairihi): Peduli kepada sesama dan memiliki kepekaan dan keterampilan untuk membantu orang lain yang memerlukan pertolongan.
Selain peserta didik mencapai kompetensi  yang diinginkan kurikulum, dan 10 karakteristik di atas,  secara simultan SMPIT 5 target tambahan sebagai berikut: (1) Dapat  mengaplikasikan internet terutama dapat menguasai blogger, wordpress, dan web; (2) Lancar membaca Al Qur’an dan memiliki tambahan hafalan Al qur’an 3 Juz /sesuai kemampuan maksimal masing-masing peserta didik; (3) Bersemangat dalam beribadah dan belajar; (4) Dapat komunikasi berbahasa jawa (kromo alus) dalam komunikasi harian; (5) Memahami komunikasi Bahasa Inggris dan Arab, baik yang berupa tulisan maupun ucapan.
Untuk mencapai 5 target tersebut, dilakukan 15 upaya sebagai berikut: (1) Pada semester 1 peserta didik harus bisa me-ngetik sepuluh jari; (2) Pada kelas VII peserta didik dilatih membuat blogger; (3) Pada kelas VIII peserta didik dilatih membuat wordpress; (4) Pada kelas IX peserta didik dilatih membuat web; (5) Pembelajaran berbasis internet (on line) dengan ditunjang hotspot dan LCD di setiap kelas; (6) Pengumpulan tugas dibiasakan lewat email maupun blogger masing-masing; (7) Pengajaran membaca Al Quran dengan metode tilawati dan program Hafidz Al Quran; (8) Adanya mentoring akademik (identik Pembimbing Akademik di kampus) dan mentoring keislaman; (9) Komunikasi intensif dengan orang tua siswa dalam upaya mendidika dan mengembangkan potensi; (10) Guru senantiasa melayani 24 jam on line; (11) Adanya koordinasi antar guru mata pelajaran, sehingga ada keterpaduan sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami maupun menyelesaikan tugas; (12) Kordinasi dengan JSIT, Dinas Pendidikan, dan berbagai unsure dalam upaya peningkatan mutu guru dan peserta didik; (13) Dilakukan ekstra dan atau olimpiade bagi peserta didik potensial dan menghadirkan pembimbing tamu bila diperlukan; (14) Program pembiasaan berbahasa jawa kromo alus; (15) Tulisan tulisan Bahasa Inggris pada berbagai produk menjadi sumber belajar pembelajaran Bahasa Inggris dan Arab.
Program-program di atas cukup banyak porsi bekal penguasaan komputer & internet untuk peserta didik karena beberapa pertimbangan: (1) pada era masa datang seluruh peradaban dipengaruhi oleh informasi di internet, dimana peradaban pada saat itu akan dikuasai orang yang menuasai teknologi internet; (2) pembelajaran berbasis komputer & internet lebih efektif, efisien dan menyenangkan: dengan demikian siswa tidak perlu menulis di kertas untuk mencatat materi dan mengumpulkan tugas, tetapi cukup siswa memiliki kumpulan file materi, pengayaan, latihan dll, dengan pengumpulan tugas melalui email atau web, dengan demikian siswa yang kreatif dapat menulis buku atau membuat web yang bermanfaat bagi dunia pendidikan; (3) pembelajaran berbasis komputer dan internet diharapkan melahirkan para penulis handal, yang kedepan ia dapat mencukupi kebutuhan hidupnya; (4) dengan pemberian keterampilan pemanfatan internet diharapkan siswa lebih disibukkan untuk berkarya yang positip untuk aktualisasi diri sehingga mencegah aktifitas negatif dari pemanfaatan internet. (5) dengan penguasan internet sejak dini diharapkan ia dapat kompetitif dalam persaingan global dimasa yang akan datang.
Sebagai Pedoman pendidikan di SMP Islam Terpadu Ar Rahmah disusunlah kurikulum sebagai berikut.
Struktur Mata Pelajaran meliputi mata pelajaran nasional: (1)Pendidikan Agama Islam, (2) Pendidikan Kewarganegaraan, (3) Bahasa Indonesia, (4) Bahasa Inggris, (5) Matematika, (6) Ilmu Pengetahuan Alam, (7) Ilmu Pengetahuan Sosial, (8) Seni Budaya, (9) Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, (10) Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi; dan Mata Pelajaran Muatan Lokal: (1) Bahasa Jawa, (2) Aplikasi Internet, (3) Bahasa Arab.
Struktur Program Pengembangan Diri: Mengetik 10 jari; mengelola Blogger, Wordpress dan Web; Tilawati; Hafalan Al Quran; Mentoring keislaman; Tatsqif; Kepanduan/Pramuka; Praktikum; OSN; dan lain-lain sesuai tuntutan.
Program Pembiasaan; Dengan suasana menyenangkan membangun kesadaran untuk senatiasa: Menjaga wudlu selama di sekolah; Sholat dhuha setiap hari; Dapat tilawah alquran 1 juz selama di sekolah; ada tambahan hafalan Al Quran setiap hari; Dzikir Kubro; Sholat Wajib tepat waktu berjamaah; Upacara hari senin; Berdisiplin dan bertanggung jawab; serta Refleksi akademik.
Untuk mewujudkan visi, cita-cita dan tujuan, serta menjalankan misi untuk mencapai target di atas, diperlukan guru Mendidik dengan sepenuh hati & keteladanan. Yayasan Ar Rahmah menyadari bahwa untuk penjaminan pelaksanaan konsep pendidikan tersebut diperlukan guru yang sholih, mumpuni secara akademik, mau bekerja keras, bertanggung jawab, dan solid, serta layak menjadi teladan.  Untuk itu Yayasan Ar rahmah telah melakukan seleksi ketat terhadap para calon guru dengan materi tes meliputi kemampuan microteaching, Tilawah Al Quran dan wawancara. Alhamdulillah semua guru mata pelajaran sudah terpenuhi. Selanjutnya para guru yang direkrut diwajibkan untuk mengikuti pembinaan keislaman rutin pekanan untuk membentuk kepribadiannya,  dan pelatihan keterampilan pembelajaran secara terstruktur untuk meningkatkan profesionalismenya. Untuk menjaga keberlangsungan dan konsistensi penjaminan mutu pendidikan telah dibentuk tim penjaminan mutu yang tugas utamanya adalah merencanakan, menggerakkan, merefleksi dan melakukan monitoring pelaksanaan pendidikan di SMP Islam Terpadu Ar Rahmah. Peran tim ini mirip dengan official atau pelatih dalam pertandingan, sedangkan kepala sekolahnya mirip dengan kapten tim. Dengan konsep dan manajemen tersebut, segenap pengurus Yayasan Ar Rahmah mendambakan SMP Islam Terpadu Ar Rahmah ini menjadi laboratorium pendidikan dan pembelajaran di Kabupaten Pacitan dimasa yang akan datang.
Ketenagaan SMP-IT Ar Rahmah
Tim Penjeminan Mutu SMP Islam Terpadu Ar Rahmah: Gunawan, S.Pd; Drs. Suyadi, M.Pd; Setyo Budi, S.Pd; dan Dra. Siti Rohana. Tenaga Pendidik & Kependidikan SMP Islam Terpadu Ar Rahmah:Arif Kurniawan, S.Pd; Lina Ervina,M.Pd; Dian Adi S, S.Pd.I; Ana Wahyuningtyas,S.Pd; Siti Komariyah, S.Pd; Inuk Kristin Umara, S.Pd; Sukma Wardani, S.Pd; Peny Estryana Dewi, S.Pd; Riva Bakhtiar Eko Widayanto, S.Pd; Yahya Ali Rahmawan, S.Kom; Risda Puspita, S.Pd; Junaidi, S.Pd; Dwi Hastuti R, S.Ag; Heri Budiyanto, S.St.Pi; Supomo.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons